Sabtu, 07 Desember 2013

Creepypastas? What the Hell?

Halo lagi, Guys!
Sebelum ane mulai ulangan semester yang naujubileh mengerikan, ane mau berbagi dulu nih sama ente semua. Lumayan, buat perpisahan...(ceileh)

Kalian semua yang suka nyari serba-serbi horror, pasti tau dong istilah "Creepypasta". Tapi, kalian tau ga istilah ini buat apaan? Jangan-jangan, setiap cerita horror disebut gitu kali...
Istilah "Creepypasta" dipakai dalam dunia meme buat cerita horror, tapi ga semua horror. Karena asalnya dari kata "Copy-paste"(lu ngerti maksudnya kan?) tapi khusus buat cerita horror di internet, jadilah istilah creepypasta.
Singkatnya, "Creepypasta" adalah cerita horror yang sudah menjadi "urban legend" di dunia maya, karena mereka terkenal lewat dunia maya itu sendiri. Dan "creepypasta" sendiri punya bermacam-macam kategori dan jenis cerita. Ane bakal ceritain sebagian yang terkenal berdasarkan kategorinya.

Photo-Related(terkenal karena foto)

The Slenderman


Penampilan Slenderman di game "Slender "(Sumber : Google)
Slenderman dikenal sebagai karakter creepypasta yang paling terkenal di antara creepypasta lainnya. Berdasarkan info dari Wikia, penampakan Slenderman selalu berkaitan dengan legenda-legenda misterius yang mendunia. Seperti Der Grosse Mann(The Tall Man) di Jerman, The Takkenman( The Branch Man ) di Belanda, dan legenda-legenda lainnya. Dari gambar di atas, Slenderman digambarkan sebagai pria bertubuh tinggi(bahkan bisa lebih tinggi untuk menakuti korbannya) mengenakan setelan hitam, dengan tentakel aneh di punggungnya, dan kepala yang botak, tanpa telinga, tanpa wajah. Umumnya, Slenderman menyilangkan tangan seperti di atas, atau membiarkan tangannya di sisi tubuhnya. Sosok Slenderman biasa ditemui di tengah hutan atau di kota dengan segerombolan anak-anak untuk ia tangkap menuju "dimensi lain". Hingga sekarang, alasan keberadaan Slenderman masih belum diketahui.
Cerita misterius ini membuat para penggemar horror tertarik, bahkan hingga ada seri game dan film-nya. Salah satunya adalah seri "Slender" yang selalu menjadi game horror best seller.

Jeff The Killer
Gambar yang paling heboh, meskipun ini hasil Photoshop(Sumber : Creepypasta Wikia)

Gambar yang ini sering bikin ane gabisa tidur. Tapi, demi menghadapi ente semua sebagai pembaca, ane relain dah!
Gambar di atas diambil pada tahun 2008. Diaplot oleh cewe bernama Katy Robinson, yang katanya bunuh diri karena di-bully abis-abisan sama temennya. Gambar ini adalah hasil Photoshop dari mukanya. Sampai sekarang, belum diketahui bagaimana cewe ini bunuh diri, dan apakah gambar ini dirasuki oleh arwahnya. Tapi gambar ini sering dipake dengan catchword, "Go to sleep..."
Dari creepypasta yang ane baca, Jeff adalah anak biasa yang baru pindah rumah sama sodaranya, Liu. Sebenarnya, dia dan sodaranya ditodong oleh tiga berandalan dengan pisau, terus si Jeff ngelawan para berandal dengan menusuk mereka pake pisau yang mereka bawa. Sesampainya di rumah (dan ketemu polisi), justru Liu yang mengaku menusuk para berandal hingga dipenjara entah sampai kapan. Keesokan harinya, para berandal dateng lagi buat balas dendam. Disinilah, muka Jeff dipukul pake botol vodka(sejenis miras)sampe botol yang penuh vodka itu pecah, lalu dibakar hidup-hidup. Beruntung masih hidup, Jeff terpaksa harus operasi muka, dan hasilnya seperti yang bisa kalian lihat di atas. Usut punya usut, kata si dokter, kepalanya Jeff rengat hingga kondisi mentalnya terganggu akibat dipukul, dan operasi mukanya gagal. Karena itulah, kita mengenalnya dengan nama itu. Bahkan, entah mengapa, karakter dan latar belakang Jeff the Killer cukup disukai banyak orang, sehingga menjadi legenda kedua setelah penampakan Slenderman.

Game-related(terkenal karena Game)

Pokemon : Lost Silver

Sumber : Google

Mungkin sebagian besar dari penggemar Pokemon tidak mengenal permainan ini. Meskipun sebenarnya, ini adalah salah satu creepypasta yang terkenal. Game ini dibuat oleh seorang penggemar untuk menciptakan kesan "realistis" pada cerita yang dibawakan.
Cerita berawal dari seorang anak yang berniat membeli Pokemon "Soul Silver" di Amazon, namun tidak diizinkan, sehingga terpaksa membeli yang bekas pakai dengan harga yang lumayan murah. Namun isi data dari pemain sebelumnya sudah mengisi PokeDEX bahkan sudah punya semua badge dari semua PokeGYM. Namun, dalam 6 slot "Party", terdapat lima Unown(Pokemon bentuk huruf, seperti gambar di atas), dan satu Pokemon yang dinamai "Hurry". Kebetulan juga, para Unown menyusun kata, "LEAVE"(pergilah). Bahkan saat melakukan "Flash" pada tempat yang gelap, yang muncul adalah latar belakang semerah darah. Dan trainer Pokemon ini hanya dinamai "...". Keanehan terus berlanjut dengan "Hurry" yang mendadak mati, Unown yang menyusun kalimat "He Died"(dia telah mati), "DYING" (mati), dan "No More"(tidak ada lagi), hingga pertarungan antara Celebi(Pokemon peri) dan Pikachu yang berjalan sendiri, berakhir dengan kematian di antara keduanya. Permainan diakhiri dengan "..." yang berada di antara kuburan, Unown yang berkata, "I'm Dead"(Aku sudah mati), dan diakhiri dengan "R. I. P ... ".
Game ini pun akhirnya semakin dikenal dan terdapat glitch (atau disebut Lost Silver Hidden) dimana kita dapat mengubah alur cerita dari "..." sebelum akhirnya mati seperti kejadian tadi. Sehingga diakhiri dengan kata "R. I .P Pokemon Trainer GOLD". Kalian bisa mendownload game-nya di sini.
Baik itu diubah atau tidak, akhirnya kita menemukan sebuah pesan moral dari cerita ini. Seberapapun hebatnya kita, kematian akan selalu datang, dan semua pangkat dan Pokemon itu tidak akan berguna ketika sudah berada di hadapan Allah swt. dan hanya amal yang dapat membantu kita.

BEN drowned
Sumber : Creepypasta Wikia
Bagi yang kenal dengan seri game "Legend of Zelda", kalian pasti tau dengan seri "Majora's Mask". Serial ini pun menjadi sensasi setelah salah seorang broadcaster YouTube membuat video footage saat memainkan permainan ini. Diceritakan bahwa permainan miliknya dirasuki oleh seorang anak bernama Ben. Sampai sekarang, entah cerita ini asli atau engga, semua orang berbondong-bondong mencari video ini.
Permainan dimulai biasa saja, hingga keanehan ketika seluruh jalan menghilang, dan sebuah lagu(yang disebut "Song of Healing") diputar terbalik. Sebuah patung mengikuti dari belakang tanpa sebab, hingga tubuh yang terbakar setiap kali akan melancarkan serangan. Tak hanya itu, pencerita mengaku berbicara pada sosok "Ben" menggunakan Cleverbot, sebuah situs chat dengan kecerdasan buatan alias AI. Hingga sekarang, belum diketahui bagaimana sosok "Ben" merasuki permainan ini. Tapi penggemar "Legend of Zelda" sangat senang membahas creepypasta yang ini hingga menjadi sebuah legenda. Bahkan, pengguna Cleverbot rela dibodohi cerita ini dengan berusaha berbicara pada "Ben". Jika kalian mau coba, masukkan keywords yang berhubungan dengan cerita ini, seperti "BEN drowned", "Majora's Mask", atau keywords lainnya yang berkaitan.

Kita lanjut ke TV Show Relateed!!!

TV Show Related
Red Mist
Sumber : Creepypasta Wikia

Kalian pasti kenal creepypasta yang ini, karena sempat booming beberapa tahun lalu. Episode ini berkaitan dengan acara "Spongebob Squarepants", dan saat itu juga episode yang hilang terus diperdebatkan. Kemudian, muncullah cerita ini. Diceritakan bahwa tape card berisi video ini dibuat oleh seorang animator asal Skotlandia yang ternyata adalah seorang pembunuh berantai, saat ini sedang dipenjara karena publikasi rekaman ini.
Episode ini juga biasa disebut "Squidward's Suicide" karena bercerita tentang kematian Squidward dengan bunuh diri. Bahkan berisi sugesti pada anak-anak untuk segera bunuh diri setelah menontonnya.
Kalian bisa melihat video ini tersebar di YouTube. Coba jika berani...

The Rugrats Theory
Sumber : Google

Masih satu produksi dengan Nickelodeon, "The Rugrats" juga menyimpan sebuah misteri hingga menciptakan sebuah creepypasta yang terbilang cukup terkenal. Sebagian orang mungkin akan meragukan Nickelodeon setelah membacanya. Bahkan, sebagian besar orang yang menikmati masa kejayaan kartun ini akan merasa dirusak image-nya. Meski begitu, masih diragukan kebenarannya meskipun sebagian besar kisah ini nyata.
Diceritakan bahwa seluruh bayi yang terdapat di seri "Rugrats" tidak pernah lahir, mereka hanyalah dunia semu ciptaan Angelica, anak kecil broken home yang kesepian.
Chuckie meninggal bersama ibunya tahun 1997, karena itulah ayahnya, Chaz, selalu ketakutan. Tommy mati setelah dilahirkan pada tahun 2000, karena itu sang ayah, Stu, selalu membuat mainan untuk anaknya yang tak sempat hidup. The DeVilles melakukan aborsi setahun kemudian. Karena Angelica tidak tahu jenis kelamin anak tersebut, ia menciptakan bayi kembar bernama Phil dan Lil. Ibu kandung Angelica meninggal karena overdosis heroin tahun 1982, kemudian sang ayah nmenikah lagi dengan seorang wanita karir yang sibuk. Sebagai anak yang butuh kasih sayang ibu, Angelica menciptakan konsep ibu pada bonekanya, Cynthia(boneka berbaju kotor dan rambut berdiri).
Ketika beranjak remaja, Angelica semakin mengikuti jejak ibunya dengan mengkonsumsi narkoba. Karena berkomplikasi dengan penyakit Skizofrenia(penyakit halusinasi "nyata") yang dideritanya, ia terhubung kembali dengan masa kecilnya dan membuat para bayi ikut tumbuh besar bersamanya(yang kemudian menciptakan sekuel "All Grown Up"). Namun pada akhirnya, Angelica meninggal di usia yang ke-15 karena overdosis. Dan serial "All Grown Up" batal dilanjutkan.

Kisah ini membuat salah satu produser Vocaloid, Childhood Crusher-P, menciptakan sebuah lagu berjudul sama. Dengan versi pendek dinyanyikan oleh Megurine Luka, lalu dinyanyikan dengan full oleh Kaai Yuki.

Mungkin sekian dulu kali ye. Jangan lupa, pantengin ane terus!!!

2 komentar: