Selasa, 18 Februari 2014

Sengoku : Musou(Warriors) VS BASARA!

Well, welcome back, guys!

Setelah sekian lama mengoleksi lagu Jepang-jepangan, Inggris-Inggrisan, dan Indonesia-Indonesiaan serta Cabe-cabean(?), saya membuka selera baru untuk sejarah Jepang yang paling ngeteren. Apalagi kalo bukan era Sengoku alias Perang Saudara.

Seperti yang kalian tau, era Sengoku ini saking terkenalnya di Jepang, sampe diabadikan dan diadaptasikan dalam bentuk drama teater, serial kartun, bahkan game!
Karena untuk menyesuaikan judul blog ini, gue mau ngebahas game-nya yang dirancang khusus untuk mengenang era Sengoku.Game yang paling ane fokusin adalah Sengoku Musou(nama internasionalnya Samurai Warriors) dan anime sekaligus game berjudul Sengoku BASARA. Ane bakal ngebahas banyak soal perbedaan mencolok dari keduanya, meskipun sama-sama ngebahas era Sengoku.

Sengoku Musou, alias Samurai Warriors
Produksi : KOEI/Tecmo
Developer : Omega Force  

Game ini  mengambil kisah era Sengoku, yang kemudian di-recycle oleh KOEI menjadi sebuah game action/strategy bertema "1VS1000 " setelah sukses besar dengan seri Dynasty Warriors. Berikut ulasan dari game ini.

Akurasi sejarah yang ditingkatkan
Sebagai game yang mengenang era Sengoku, Samurai Warriors sangat memperhitungkan akurasi sejarah di dalamnya. Karena mayoritas pemain ada di luar Asia, KOEI memastikan agar Jepang juga bisa memberi wawasan sejarah dalam permainannya. Setiap karakter yang ditambahkan, alur cerita akan benar-benar fokus pada kisah sejarahnya dan juga battle yang kemungkinan tidak sebesar seri Dynasty Warriors. Ini memungkinkan seorang awam sekalipun akan mengerti sejarah Jepang sebelum menjadi maju seperti saat ini.

Desain yang cenderung "jadul"
Ini merupakan salah satu keunggulan sekaligus kelemahan seri Samurai Warriors. Di satu sisi, desain ini akan memudahkan penggambaran situasi yang sesuai dengan tema Sengoku yang akan dibawakan. Sedangkan di sisi lain, desain ini akan membuat pemain mudah bosan karena terbilang 'kaku' di sejarah itu saja. Meskipun desain terbaru untuk Samurai Warriors 4 akan mengalami perkembangan, mereka tetap tidak mau kehilangan image dari tema Sengoku tersebut. Inilah yang membuat pemain Samurai Warriors menganggap game ini terkesan 'kaku'.

Timeline expand dan penambahan karakter
Semakin bertambah seri game, mau tidak mau mereka harus memperpanjang timeline dari game tersebut untuk mendapatkan tambahan karakter agar tidak terkesan usang. Setidaknya, lebih dari 5 karakter ditambah ke dalam seri Samurai Warriors untuk menambah koleksi dan memuaskan penggemar setianya. Karakter yang lengkap membuat pemain akan semakin penasaran untuk memainkannya.


 Sengoku BASARA
Produksi&Developer : CAPCOM

Selain Samurai Warriors, Sengoku BASARA juga mengambil tema era Sengoku. Ternyata oh ternyata, ada perbedaan yang terbilang cukup mencolok dibanding seri Samurai Warriors. Yuk, kita liat!

Desain dan alur cerita yang "gila-gilaan"
Di satu sisi, ini adalah bagian favorit yang membuat Sengoku BASARA lebih digemari. Selain kebanyakan karakter yang terlibat adalah fiksi(tidak ada di cerita aslinya), desainnya pun jauh lebih menarik dan mencolok sehingga penggemarnya tidak bosan-bosan memainkan karakter tersebut. Alur ceritanya pun juga berbeda di setiap serialnya, seiring berjalan dengan serial anime-nya. Keuntungan lainnya adalah, meskipun yang menjadi "cover boy" seri Sengoku Musou ataupun BASARA adalah Yukimura Sanada, bintang andalan penggemar Sengoku BASARA justru adalah Date Masamune, pemimpin klan Date yang mendapat julukan "One-eyed Dragon" dengan gaya bicara campuran bahasa Inggris dan Jepang ala Yakuza. Desain setiap karakter menyesuaikan dengan selera gamer modern sehingga tidak terlihat kaku dan usang.

 Stok baju yang tidak terbatas
Yah, sebagai kelemahan dari game ini adalah satu jenis baju yang sama setiap serinya. Meskipun ada penambahan karakter, pakaiannya selalu sama dan tidak pernah berubah. Ini membuat penggemar bosan untuk memainkannya lagi. Mungkin, ini adalah konsekuensi dari pembuatan anime yang melelahkan. Dan ini masih bisa diterima.

Keterbatasan Bahasa
Sengoku BASARA untuk saat ini hanya tersedia dalam bahasa Jepang. Entah apakah memang ini strategi bisnis, atau kesulitan dalam membuat izin distribusi. Meski begitu, seri Sengoku BASARA tersedia dalam bentuk anime dan manga. Padahal, seri Street Fighter yang juga merupakan produksi CAPCOM memiliki subtitle untuk bahasa Jepang. Ini menyebabkan pemain sedikit kesulitan memahami bahasa dalam permainan tersebut. Inilah yang menjadi kelemahan tersendiri dalam membuat seri Sengoku BASARA.

Jadi, kalian mau pilih yang mana? Belajar sejarah dengan Samurai Warriors, atau main sepuasnya dengan Sengoku BASARA? It's up to you, guys! 
 

11 komentar:

  1. kalo ane sih pilih Warriors Orochi 3... dgn 120 krakter & gmplay yg memuaskan...

    BalasHapus
  2. Klw di PS2, ane lbh suka Sengoku Basara, krna grafiknya keren, meskipun aslinys Anime tp begitu real, dan tdk kaku

    Bnyk jurus2nya

    BalasHapus
  3. Klw di PS2, ane lbh suka Sengoku Basara, krna grafiknya keren, meskipun aslinys Anime tp begitu real, dan tdk kaku

    Bnyk jurus2nya

    BalasHapus
  4. Kalo aku di PS2 sukanya Dynasty Warriors 6...

    BalasHapus
  5. Jelas dong penggemar sejarah pasti samurai warrior

    BalasHapus
  6. kalo aku lebih suka yg realistis lah,
    sejarah gitu, masa di ubah2?, lebih suka sejarah jepang yg nyata, buat wawasan juga hehe

    BalasHapus
  7. Kalo aku lebih suka samurai warriorsnya. Karena nilai filsafat, politik, ekonomi, sejarah, dan sosial-budayanya yang realistis, cenderung objektif, dan bikin penasaran.

    BalasHapus
  8. Kalo aq lebih suka kalo Indonesia buat game sejarah penyatuan nusantara oleh patih gajah mada

    BalasHapus
  9. Kalau aku sih pengen ngw dgn kasuga

    BalasHapus
  10. jelas samurai warriors,ceritanya lebih jelas,juga hanya sedikit "faction" yang digambarkan sebagai faction jahat bahkan sebenernya yang digambarkan jahat ini gak jahat juga,ada tujuan2 dari mereka yang masih bisa di"justifikasi" untuk tindakan mereka yang terbilang "Jahat"

    saya sendiri untuk segi imajinatif lebih pilih basara,tapi dari sisi cerita dan realisme basara kurang "Objektif" karena basara kerap menggambarkan beberapa faksi sebagai faksi yang Jahat

    contoh saja penggambaran nobunaga oda di samurai warriors bukanlah seseorang yang jahat,tujuannya ingin menyatukan jepang dibawah kekuasaan yang pantas meskipun dengan arogansinya dan penggambaran yang "dark" tapi masih ada moral dari nobunaga oda tersendiri untuk tindakannya sementara di sengoku basara nobunaga oda digambarkan sesuai dengan julukannya "dairokuten mao"(Raja iblis surga keenam)
    dan capcom menggambarkan kalau nobunaga ini seorang penguasa yang dipenuhi niat jahat dan tirani

    Fun fact
    -di samurai warriors 3 dan sengoku basara 3 samurai heroes yukimura sanada di kedua game punya voice actor bahasa inggris yang sama

    BalasHapus
  11. setuju sama atas, Basara lbh ke pinjem nama karakter doank, dan out of character bgt, cuma mau pake nama dan bikin character keren rasa anime doank.

    disisi lain Samurai Warriors lbh mendekati ke representasi dari character aslinya, baik dri watak maupun ceritanya.

    untuk gameplay sndri, SM lebih ke mussou dimana player bukan org utama di dalam perang skala besar (musou) tapi apa yg kita lakukan bisa jadi berpengaruh dgn kondisi/kemenangan kubu.

    sedangkan Basara, cuma game sembarang hack and slash aj dimana misinya kebanyakan cuma satu, terobos masuk dan kalahkan boss utama.

    BalasHapus